[Video] Momen Persija Jakarta Menjuarai Ligina VII Tahun 2001 - ░▒▓█▀▄Forza★Persija▄▀█▓▒░
Headlines News :
Home » , , , » [Video] Momen Persija Jakarta Menjuarai Ligina VII Tahun 2001

[Video] Momen Persija Jakarta Menjuarai Ligina VII Tahun 2001

Written By ForzaPersija on Saturday, November 17, 2012 | 11/17/2012 04:03:00 PM


ForzaPersija Tahun 2001 merupakan tahun dimana salah satu tahun yang spesial bagi Persija Jakarta. Tanggal 7 Oktober 2001, Persija Jakarta menjuarai Ligina VII (Liga Bank Mandiri 2001) dengan menaklukan PSM dengan skor 3-2. Pertandingan yang disaksikan langsung oleh Presiden Megawati Soekarnoputri kala itu, berlangsung di Stadion GBK, Senayan.

Ketika pertandingan baru berlangsung tiga menit, Persija langsung membuat kejutan dan unggul lebih dulu melalui gol Imran Nahumarury. Terciptanya gol Persija disebabkan oleh kesalahan kiper PSM, Hendro Kartiko karena bola tendangan Bambang Pamungkas dari sisi kiri di luar kotak penalti lepas dari tangkapannya.
Akibatnya, Imran dengan tenang menyambut bola muntah dan memperdaya kiper Hendro Kartiko, 1-0 untuk keunggulan Persija.

Bambang Pamungkas hampir saja memperbesar keunggulan Persija pada menit ke-29' ketika menyambut tendangan bebas Luciano Leandro, tapi wasit menganulir gol tersebut karena Gendut Doni sudah berada dalam posisi offside.

Bahkan Bepe sempat ditandu keluar lapangan karena kaki Ortisan Salosa mendarat di mukanya saat berebut bola di depan gawang Hendro Kartiko.

Wasit Arismundar kemudian secara jeli melihat Bepe secara sengaja menjatuhkan diri di dalam kotak penalti, sehingga pemain penyerang tersebut diganjar kartu kuning.

Pada menit ke-43', Bambang Pamungkas akhirnya memperbesar keunggulan Persija menjadi 2-0.Bambang yang melakukan serangan seorang diri dari sisi kanan lapangan, dengan ketrampilan tinggi mencetak gol melalui tendangan voli dengan kaki kiri yang menusuk ke gawang Hendro Kartiko. Skor 2-0 pun bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama.

Ketika pertandingan babak kedua baru berjalan sekitar dua menit, Bambang Pamungkas seperti ingin membuktikan diri sebagai striker nasional dengan mencetak gol kedua yang menjadi Persija memperbesar keunggulan 3-0.

Berawal dari serangan Gendut Doni dari sisi kanan kotak penalti, Bambang yang berdiri berdiri bebas tanpa kesulitan untuk memanfaatkan umpan Gendut.

PSM benar-benar mengalami nasib sial karena hanya berselang satu menit kemudian, tendangan Yuniarto Budi hanya membentur tiang gawang Mbeng Jean.

Sementara itu Kurniawan yang diharapkan menjadi ujung tombak PSM, sama sekali tidak berhasil memperlihatkan kemampuannya sebagai penyerang tim nasional.

Menit ke-63, PSM memperkecil ketinggalan menjadi 1-3 melalui gol Miro Baldo Bento dari titik penalti. Hukuman penalti untuk PSM berawal dari pelanggaran oleh pemain belakang Persija Nuralim yang menjatuhkan Kurniawan yang menerobos masuk ke jantung pertahanan Persija.

Menit ke-73, Kurniawan mencetak gol kedua PSM, tapi gol Kurniawan yang menyambut bola mental dari kiper Mbeng Jean dianulir oleh wasit.

Menurut hakim garis, Kurniawan sudah berada dalam posisi off-side ketika Miro Baldo Bento melepaskan tendangan keras ke arah gawang Persija. Keputusan yang sempat diptotes keras Kurniawan dan kapten PSM Carlos De Mello.

Baru menit ke-77, Kurniawan benar-benar mencetak gol kedua PSM untuk memperkecil ketinggalan menjadi 2-3 setelah melakukan serangan tajam ke sisi kiri gawang Mbeng Jean.

Dua menit menjelang pertandingan usai, Bambang Pamungkas hampir saja memperbesar keunggulan Persija, tapi tendangannya terlalu melebar di sisi kiri gawang Hendro Kartiko.

Meski lebih banyak mengambil inisiatif serangan pada menit-menit terakhir PSM gagal menyamakan kedudukan. Skor 3-2 untuk kemenangan Persija tetap tidak berubah hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan usai.


PSM Makassar 2 vs 3 Persija Jakarta
Pencetak Gol: Miro Baldo Bento 63' [p], Kurniawan 77' (PSM)
Imran Nahumarury 3', Bambang Pamungkas 43', 46'
Wasit: Aris Munandar

PSM: Hendro Kartiko (GK), Ortisan Salossa, Rony Ririn, Syamsudin Batolla (40', Yuniarto Budi),
Alexander Pulalo (60', Rachman Usman), Carlos de Mello, Bima Sakti, Yosep Lewono,
Miro Baldo Bento , Kurniawan (85', Iswadi).

Persija: Mbeng Jean (GK), Nuralim, Joko Kuspito, Antonio Claudio, Anang Maruf, Budiman,
Agus Suprianto, Luciano Leandro, Imran Nahumarury (35', Dedi Umarella) (72',Warsidi),
Gendut Doni (77', Widodo C. Putra), Bambang Pamungkas.

Skuad Persija Jakarta 2001
Nama Pemain
Posisi
Mambolou Mbeng Jean (Kamerun)
Kiper
M. Halim
Kiper
Sofyan Hadi
Kiper
Hendra Nazir
Kiper
Nur’Alim
Bek
Antonio Claudio (Brazil)
Bek
Aris Indarto
Bek
Warsidi
Bek
Joko Kuspito
Bek
Hari Saputra
Bek
Anang Mar’uf
Gelandang
Waskhiatul Akmal
Gelandang
Luciano Leandro (Brazil)
Gelandang
Imran Nahumarury
Gelandang
Deddy Umarella
Gelandang
Agus Suprianto
Gelandang
Wahyu Teguh
Gelandang
Khair Rifo
Gelandang
Ebandha Themothe (Kamerun)
Gelandang
Bambang Pamungkas
Penyerang
Gendut Doni C.
Penyerang
Widodo C. Putro
Penyerang
Budi Sudarsono
Penyerang
Robby Maryandi
Penyerang

Referensi:
  • the-jakmania.tripod.com
  • arsip-gatra.com
Share this article :