Stadion Ikada - ░▒▓█▀▄Forza★Persija▄▀█▓▒░
Headlines News :
Home » » Stadion Ikada

Stadion Ikada

Written By ForzaPersija on Sunday, August 21, 2011 | 8/21/2011 05:11:00 AM



Lapangan Ikada merupakan lapangan luas di bagian pojok timur yang saat ini ditempati oleh kawasan Monas. Sejak jauh sebelum Senayan dibangun, Lapangan Ikada yang sebelumnya dikenal sebagai Lapangan Gambir, merupakan pusat kegiatan olahraga. Nama Lapangan Ikada baru muncul pada masa pendudukan Jepang tahun 1942.
Ikada sendiri merupakan singkatan dari Ikatan Atletik Djakarta. Di sekitar kawasan tersebut terdapat sejumlah lapangan sepak bola milik klub sepak bola era 1940-an dan 1950-an seperti HerculesVIOS (Voetbalbond Indische Omstreken Sport) dan BVC, yang merupakan kesebelasan papan atas kompetisiBVO (Batavia Vootball Organization). Setelah kemerdekaan, kesebelasan tersebut digantikan oleh Persija. Selain lapangan sepak bola, di sekitarnya terdapat pula lapangan hoki dan lapangan pacuan kuda untuk militer kavaleri.

Sebelum Stadion Gelora Bung Karno selesai dibangun untuk menyambut Asian Games 1962 IV tahun 1962, Ikada merupakan tempat latihan dan pertandinggan PSSI. Pada acara Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-2 tahun 1952, dibangun Stadion Ikada di sebelah selatan lapangan ini.
Lapangan ini pada awalnya oleh Gubernur-Jenderal Herman William Daendels (1818). Mula-mula bernama Champ de Mars karena bertepatan penaklukan Belanda oleh Napoleon Bonaparte. Ketika Belanda berhasil merebut kembali negerinya dari Perancis, namanya diubah menjadi Koningsplein (Lapangan Raja). Sementara rakyat lebih senang menyebutnya Lapangan Gambir, yang kini diabadikan untuk nama stasion kereta api di dekatnya.
Apakah anda sering kali membaca atau mendengar kalimat-kalimat (lebih kurang) seperti ini: “…Pada 1962, saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games IV, kegiatan olahraga telah berpindah ke Senayan dan Stadion Ikada pun tergusur…”. Faktanya ialah bahwa (minimal) sampai bulan November 1962, kegiatan olahraga di Stadion Ikada masih ada. Lihatlah ketika Indonesia menyelenggarakan Asian Games IV/1962 (24 Agustus s.d. 4 September 1962), Stadion Ikada dijadikan stadion pendamping bagi Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Malah, pertandingan Indonesia vs Malaysia dalam rangkaian babak penyisihan Asian Games IV/1962 pun digelar di Stadion Ikada. Jadi, bukankah Stadion Ikada masih ada?
Apakah anda sering kali membaca atau mendengar kalimat-kalimat (lebih kurang) seperti ini: “…Pada 1962, saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games IV, kegiatan olahraga telah berpindah ke Senayan dan Stadion Ikada pun tergusur…”.

Pada awal November 1962 itulah Stadion Ikada dibongkar. Menurut kabar, material-material yang masih bermanfaat dialihkan untuk stadion di Solo (Jawa Tengah) dan Kotabaru (Irian Barat).

Sejarah Stadion Ikada

Lapangan Ikada merupakan salah satu tempat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pada masanya, 19 September 1945, Presiden RI Soekarno —disapa Bung Karno— pernah menggelar rapat raksasa. Namun, bagaimana sebuah lapangan luas dapat menjadi sebuah stadion?

Perjalanannya dimulai ketika Jakarta ditetapkan untuk menjadi tuan rumah PON (Pekan Olahraga Nasional) II/1951 yang diselenggarakan pada 21-28 Oktober 1951. Tanggal 18 Juli 1951 merupakan hari yang bersejarah bagi Stadion Ikada. Pada tanggal tersebut dilaksanakan semacam peletakan batu pertama untuk pendirian sebuah stadion. Penggalian pertama dilakukan oleh Dr. Halim selaku pengurus besar panitia PON.

Pemborong stadion ini ialah NV Volkers Aannemersbureau dengan anggaran lebih dari Rp 1 juta. Menurut rencana, stadion ini akan membangun tempat bagi 30 ribu penonton dan meliputi luas lebih dari 15 ribu meter persegi.

Dalam perkembangannya, stadion ini dinamakan Stadion Ikada. Namun, Ikada di sini hanyalah sebuah nama atau istilah dan bukannya singkatan sebagaimana awalnya karena nama tersebut mengandung arti sejarah yang besar bagi bangsa Indonesia.

Kini, sejak November 1962, Stadion Ikada pun telah “hilang”….
Share this article :