Andjas Asmara, Profile Sang Penakluk Uruguay - ░▒▓█▀▄Forza★Persija▄▀█▓▒░
Headlines News :
Home » , » Andjas Asmara, Profile Sang Penakluk Uruguay

Andjas Asmara, Profile Sang Penakluk Uruguay

Written By ForzaPersija on Sunday, August 21, 2011 | 8/21/2011 10:31:00 AM




Sepintas kita pernah mengetahui bahwa di tahun 1974 Indonesia mampu menakluka Uruguay dengan skor 2-1. Salah satu pencetak gol pada saat itu adalah Andjas Asmara.

Tigapuluh empat tahun yang lalu, Andjas Asmara pernah pula memperkuat Indonesia menghadapi Manchester United. Kali ini, Andjas memberikan dukungan untuk junior-juniornya.

Tahun 1975, MU pernah berkunjung ke Jakarta untuk menghadapi timnas Indonesia. Andjas menjadi salah satu pemain Indonesia yang merumput kala itu untuk membawa 'Merah Putih' menahan 'Setan Merah' 0-0.

Andjas pun memberikan wejangan dan support moral kepada tim Indonesia All Star yang tanggal 20 Juli nanti akan jadi lawan MU di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta.

Andjas lebih lanjut juga meminta kepada Bambang Pamungkas dkk untuk tidak mencoba bermain cantik. Bermain efektif dan efisien menurutnya lebih logis untuk dilakukan menghadapi tim sekelas Uruguay.

"Jangan mencoba bermain cantik. Bermain simpel saja, oper, bergerak. Saya berharap Indonesia bisa mencuri 1-2 gol," ucap pria kelahiran Medan 59 tahun lalu itu.

"Saya harap mereka lebih sering bertanding melawan tim-tim kuat dari Negara lain agar mentalnya teruji. Itulah andalan kita sekarang," tuntas Andjas.

Inilah profile selengkapnya :
Andjas Asmara lahir di Medan, Sumatera Utara. Di tanah kelahirannya itu pula ia mulai meretas asa sebagai aktor lapangan hijau. Klub Yunior Medan Utara jadi tempat Andjas mendalami dan mematangkan teknik-teknik sepakbola. Ia bergabung dengan klub itu pada 1969.

Dua tahun kemudian, Andjas memutuskan untuk pindah ke klub Jayakarta dan selanjutnya Persija Jakarta. Di klub terakhir ini, Andjas menggapai prestasi puncak. Berposisi sebagai gelandang, Andjas berperan besar mengantarkan Persija jadi juara Perserikatan pada beberapa musim. Nama besar Persija dan Andjas jadi kian ditakuti musuh.

Mantapnya performa Andjas di kompetisi domestik membuat pintu timnas terbuka. Andjas dipercaya membela skuad Merah Putih pada beberapa ajang semisal Pra Olimpiade, Pra Piala Asia, dan Pra Piala Dunia.

Meski punya talenta mumpuni, tapi karir Andjas di lapangan hijau terbilang singkat. Penyebabnya tak lain hantu cedera yang terus membayangi Andjas. Ia pernah didera cedera lutut dan bahu. Mau tak mau, Andjas harus mengucapkan selamat berpisah dengan lapangan sepkbola.

Tak seperti pemain besar lain yang langsung banting stir menjadi asisten pelatih atau pelatih, usai gantung sepatu, Andjas justru memilih bidang lain yang benar-benar berbeda. Ia menekuni bisnis. Mulai dari telekomunikasi hingga penambangan batu bara pernah ditekuni Andjas.

Namun demikian, indahnya torehan karir di lapangan hijau tetap tak bisa dilupakan oleh Andjas. Bersama beberapa pemain legendaris lainnya seperti Ipong Silalahi dan Roni Paslah, pada pertengahan 2007 Andjas terlibat dalam sebuah acara reality show sepakbola yang diadakan oleh sebuah stasiun televisi swasta. Dalam acara itu, Andjas menjadi anggota tim pelatih yang memantau dan membentuk sebuah tim bermaterikan pemain-pemain muda dari berbagai daerah di Indonesia. (Daf)

DATA DIRI Tempat lahir: Medan Tanggal: 30 April 1950 Posisi: gelandang

KARIR di KLUB 1968: Klub Medan Utara 1970-1972: Jayakarta 1972-1979: Persija Jakarta

KARIR di TIMNAS 1972: Pra Piala Dunia 1974: Pra Piala Asia 1976: Pra Olimpiade 1977: Pra Piala Dunia 1978: Pra Piala Asia, Presiden Cup Seoul

PRESTASI 1973: Juara Perserikatan (Persija Jakarta) 1977: Juara Marah Halim (Persija Jakarta) 1974: Juara Piala Vietnam (Persija Jakarta) 1975: Juara Perserikatan (Persija Jakarta) 1978: Juara Perserikatan (Persija Jakarta) 1979: Juara Perserikatan (Persija Jakarta)



============================



Share this article :